Halaman Blog

27 September 2009

TIPS MEMOTRET DARI PONSEL
Setiap orang pasti sangat suka sekali mengabadikan event-event tertentu yang mereka lewati, karena sungguh sangat di sayangkan apabila moment yang mereka lewati tersebut berlalu begitu saja tanpa ada kenang-kenangan atau hal yang mengingatkan mereka akan hal tersebut seperti suvenir, gambar, foto, dll. dan yang paling banyak di lakukan oleh kebanyakan orang yaitu mengabadikan moment tersebut melalui foto.
Walaupun semua orang sangat menyukai mengabadikan moment indah mereka dengan foto, namun tidak sedikit orang yang ingin mengabadikan moment tersebut terhambat karena faktor alat untuk mengabadikan moment tersebut yaitu kamera sangat mahal, tetapi dengan adanya tekhnologi pada saat ini, kamera ini bisa dapatkan dengan harga terjangkau, sehingga masyarakat sudah tidak asing lagi dengan benda ini. salah satunya adalah kamera yang ada di ponsel mereka, karena selain memiliki fungsi untuk mengabadikan suatu moment, ponsel juga memiliki berbagai macam fungsi yang lainnya, seperti alat untuk berkomunikasi (telpon, sms, mms, internet dll), multimedia (musik, foto, video, dll) dan juga kemampuan lainnya yang sangat berguna di zaman yang serba IT ini.
terus bagaimana untuk mengoptimalkan kinerja alat tersebut?
nah supaya tidak menyulitkan kita dalam mencari tipsnya, saya copas saja dari tips2 yang ada di google.
  • Setting ponsel dengan menggunakan resolusi tertinggi, agar didapat hasil yang maksimal.
  • Bersihkan lensa sebelum memfoto, siapa tahu ada kotoran yang menempel sehingga mempengaruhi hasil foto. Terutama ponsel yang tanpa pelindung kamera.
  • Fotolah ditempat yang terang. Karena jika gelap gambar akan berbintik-bintik atau noise.
  • Gunakan lampu flash ponsel apabila memfoto ditempat yang kurang cahaya. Apabila masih kurang aktifkan modus malam (Night Mode).
  • Apabila tidak ada flash gunakan mode modus malam atau setingan manual kamera ponsel.
  • Jangan menggunakan zoom karena zoom yang digunakan hanya bersifat digital bukan optical seperti di kamera digital. Jadi lebih baik mendekat ke obyek yang akan diambil.
  • Apabila ingin memfoto dengan jarak yang sangat dekat gunakan mode micro agar gambar yang dihasilkan bisa fokus. Artikel mengenai mode mikro ada disini.
  • Jangan menghadap sinar yang kuat karena foto akan menjadi gelap/siluet, kecuali ingin membuat foto siluet.
  • Jagalah kestabilan tangan saat memotret. Gunakan kedua tangan untuk memegang ponsel. Karena jika goyang maka gambar akan menjadi blur atau tidak fokus.
  • Setelah mengambil gambar jangan langsung bergerak, karena kadang ponsel membutuhkan waktu agak lama untuk merekam gambar.
  • Fotolah sebanyak-banyaknya dan dengan sudut yang berbeda-beda, terutama jika memori yang digunakan besar. Nanti baru dihapus saat memilah-milah foto.
  • Apabila suka narsis maka untuk memotret bisa menggunakan bantuan miror/cermin kecil yang ada di samping lensa kamera. Untuk pengambilan gambar otomatis dapat dipergunakan fitur timer.
  • Cobalah seluruh fitur yang tersedia di dalam ponsel, baik setting, mode maupun efek2nya. Contohnya menggunakan mode Panorama yang pembahasannya ada disini.
  • Apabila gambar bernoise banyak maka lebih baik diedit dahulu menggunakan software pengolah gambar di komputer. Salah satu software yang dapat dipergunakan adalah Noiseware. Artikelnya ada disini.
  • Jika memfoto dengan kamera beresolusi vga maka lebih baik dicetak dalam ukuran 2R agar didapat gambar yang bagus.
http://darmawanku.com/2009/01/03/tips-memotret-dengan-kamera-ponsel/

Apapun Anda, pemula ataupun mahir menggunakan kamera ponsel, kami mempunyai beberapa tips yang akan membantu Anda memaksimalkan kamera ponsel Anda. Jadi...segera ambil kamera ponsel Anda :)


1. Ambil sebanyak-banyaknya foto

Ponsel Anda pastinya selalu Anda bawa, manfaatkan dengan mengambil gambar spontan sebanyak-banyaknya. Dengan banyaknya stok foto, pastinya akan mempermudah Anda untuk mengambil satu yang terbaik.
Gunakan gambar sebagai media tambahan dalam berkomunikasi, dengan MMS misalnya.
Hal ini akan mengasah kemampuan Anda dalam menampilkan serta memilih gambar yang baik.


2. Dekati objek

Pada umumnya kualitas pembesaran gambar (zoom) kamera ponsel tidak sebaik kamera saku, bahkan kamera professional (tentunya). Pastikan Anda mendekat sedekat mungkin kearah objek untuk mengambil gambar.
Penuhi layar ponsel dengan objek gambar, jangan terlampau dekat..karena ini akan menjadikan gambar Anda tidak fokus (blurry ), sekedar aturan sederhana, biasanya jarak yang baik adalah sekitar 1-2 meter dari objek.



3. Perhatikan jarak lihat mata normal

Kontak mata langsung pada foto akan menjadikan foto Anda terlihat seperti nyata. Apabila Anda mengambil gambar seseorang, pastikan untuk memegang kamera Anda tepat pada mata objek.
Sebenarnya objek tidak harus selalu melihat ke kamera (apalagi jika objek kita anak-anak / binatang peliharaan). Hanya saja pastikan foto yang Anda ambil merupakan jarak lihat Anda secara normal kepada objek, jangan terlampau jauh (lihat kembali point 2)



4. Perhatikan pencahayaan

Sekali lagi...dekati objek, pencahayaan yang kurang (gelap/cenderung gelap) sama saja dengan foto yang jelek. Cobalah membuat foto dalam keadaan cahaya yang terang, dalam keadaan kurang cahaya kamera ponsel Anda akan terlihat cenderung gelap dan berpasir.
Pada pemotretan luar ruang ketika ada matahari, usahakan Anda tidak melawan cahaya dan pastikan sinar matahari menyinari objek. Dan pada pemotretan dalam ruang, carilah pencahayaan tambahan (dari lampu, dsb) untuk membantu menyinari objek.



5. Perhatikan latar belakang

Latar belakang objek yang polos akan membantu menegaskan objek yang Anda foto.
Pelajari lingkungan sekitar, usahakan Anda mendapatkan latar belakang yang polos. Maksudnya jangan sampai ada pohon yang tiba-tiba terlihat seperti tumbuh diatas kepala objek atau mobil yang seperti akan menabrak telinga objek.
Cek berulang-ulang, coba ambil beberapa foto sebelum menentukan yang terbaik.



6. Coba berbagai macam sudut pandang (angles)

Awali dengan pengambilan foto pada ketinggian mata normal dan *CLICK*.
Lalu lanjutkan dengan berbagai sudut pandang lain (dari atas, bawah, dsb)
Simpan foto yang menurut Anda baik, dan hapus yang tidak baik.



7.Atur kamera ponsel pada Resolusi Tinggi (kualitas gambar)

Pada umumnya kualitas gambar kamera ponsel dapat diatur rendah, sedang dan tinggi. Pengaturan tinggi pada kamera akan memberikan kualitas yang terbaik.
Kualitas gambar mungkin tidak terlihat dengan jelas pada layar ponsel, namun hal ini akan terlihat apabila kita melihatnya nanti pada layar monitor komputer.



8. Pelajari kemampuan kamera ponsel Anda

Baca buku manual ponsel Anda, pelajari kemampuan ponsel Anda. Hal ini akan membantu Anda dan memudahkan Anda dalam berbagai hal. Misalkan saja dengan memanfaatkan teknologi BLUETOOTH® yang dapat mengirimkan gambar dan foto Anda secara nirkabel.



9. Jangan goyang

Cobalah untuk diam tidak bergerak sewaktu memotret. Gerakan pada tangan Anda akan membuat hasil foto Anda tidak fokus (blurry). Tahan tangan Anda untuk diam selama 1 atau 2 detik setelah memotret, karena biasanya pada saat itu kamera Anda masih dalam proses bekerja.



10. Patuhi Aturan yang berlaku

Mintalah izin terlebih dahulu kepada orang yang akan kita potret.
Jangan menggunakan kamera pada tempat-tempat seperti pameran benda seni, pusat kebugaran atau theater.
Lokasi seperti dalam pesawat terbang, markas militer, museum, biasanya tidak memperbolehkan adanya kamera dan telepon, patuhilah aturan tersebut.

sumber: kodak.com

mudah2an bermanfaat bagi kita semua

Tidak ada komentar: