Halaman Blog

25 Desember 2007

Met Milad

Selamat Ya, pada kali ini kita akan membahas tentang Milad, ulang tahun atau apalah namanya, (lumayan lah buat kado ulang tahun seseorang, peuperiheun teu tiasa ngado, minimal lah, memberikan suatu untaian kata yang mudah-mudahan dapat memberikan kepada kita semuanya, dan khusunya kepada yang mengalami ulang tahun kelahirannya, semoga dengan bertambahnya usia, bertambah pula kesabaran dan kesyukuran kita dalam menempuh hidup ini.
Alhamdulillah, seiring dengan bertambahnya usia, bertambahlah pula pengalaman kita dalam menapaki perjalanan hidup ini. Dengan pengalaman tersebut sudah seharusnya kita bisa lebih terampil dalam menghadang ujian-ujian yang dibuat untuk pemilihan The Sobirin Idol (meni teu araradeuh, maksakeun istilah teh), sebagaimana telah Allah firmankan:
Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu. 47:31
Dan kalau kita udah ketahuan atau kepilih menjadi The Sobirin Idol, hadiahnya adalah:
1) Bersama-Sama Dengan Allah
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu , sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. 2:15
2) Memiliki kekuatan 10 kali lipat daripada orang kafir
Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mu'min untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti. 65:8
3) Mendapat ampunan dan pahala yang besar dari Allah.
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mu'min, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keta'atannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.
Mungkin masih banyak hadiah yang akan Allah berikan jika kita benar-benar terbukti, dan terpilih menjadi The Sobirin Idol.
Karena kita terbatas dengan waktu, lalu apa sih yang bisa kita lakukan, ketika kita berulang tahun. Ada banyak yang harus kita lakukan, khususnya bagi kita-kita yang ingin selamat, sejahtera, sukses dunia dan akhirat, salah satunya adalah :
1. Berpuasa (menahan)
Mengapa berpuasa, karena dalam salah satu buku diterangkan bahwa nabi muhammad juga melakukan puasa senin-kamis, yang katanya karena nabi muhammad dilahirkan pada hari senin. Hal ini juga menandakan bahwa kita harus bisa lebih menahan nafsu-nafsu negatif yang ada dalam diri kita, kita bukan anak-anak lagi yang merengek-rengek ketika kehilangan sosok seorang ibu, (Jadi jangan sedih ya…yo! kalau iyo belum mendapatkan seorang sosok "ibu" karena mungkin kalau iyo sudah mendapatkan seorang sosok "ibu" tersebut iyo menjadi manja di pelukan ibunya, dan tidak bermain-main lagi bersama kami, he..3x), karena itu kita optimalkan nikmat akal yang dapat meredam pengaruh hawa nafsu tersebut. Dengan terus menambah wawasan kita khususnya tentang agama islam, dan ilmu-ilmu yang lainnya yang dapat meneyelamatkan kita dari kesusahan hidup di dunia dan di akhirat.
"Barang siapa yang mengingikan akhirat, maka raihlah dengan ilmu, barang siapa yang mengingikan dunia maka raihlah dengan dunia, barang siapa yang menginkan keduanya, maka raihlah pula dengan ilmu". (hadits).
2. Muhasabah
Sebagaimana halnya kegiatan yang harus kita lakukan sebelum menjelang tidur, dalam setiap ulang tahun, maka kita dianjurkan untuk bermuhasabah. Apabila pada masa-masa yang lalu kita banyak melakukan perbuatan yang jelek, maka kita istighfar dan meniatkan diri kita untuk menambal kejelekan itu, dengan amal baik, dan apabila pada masa lalu kita dipenuhi dengan amal-amal yang baik, maka kita seharusnya bersyukur dan meniatkan diri kita untuk menambah amal-amal baik kita, sehingga diri kita terus-menerus bermetamorfoself ke arah yang lebih baik, sehingga kita mendapatkan predikat sebagai seorang yang beruntung.
"Barang siapa yang lebih baik dari hari kemarin maka dia adalah seorang yang beruntung" (hadits)
3. Memanfaatkankan atau mensyukuri waktu yang diberikan.
Berulang tahun berarti kita mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk kita berbuat kebaikan dan mengikis segala kekurangan atau dosa-dosa kita, sehingga kita bisa kembali kepada Allah dengan keadaan bersih dan tenang tanpa beban dan perasaan takut.
Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku, masuklah ke dalam syurga-Ku. (Al-Fajr : 27-30)
Kita gunakan waktu yang telah Allah jatahkan kepada kita dengan sebaik-baiknya dan penuh manfaat, sehingga kita tidak menyesal di hari kemudian, seperti penyesalan orang-orang kafir.
Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (hai orang kafir) siksa yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya; dan orang kafir berkata:"Alangkah baiknya sekiranya dahulu adalah tanah".(An-Naba: 40)
4. Perbanyak silaturahmi dan perbaiki hubungan dengan orang lain
Hal ini dilakukan agar pada saat kita meninggal, kita memiliki orang-orang yang terdekat yang menyolatkan kita. Sebagaimana yang saya ingat dalam sebuah hadits "Jenazah yang di sholatkan sampai 3 baris lebih, maka ia akan masuk syurga". Hal ini menandakan bahwa hubungan dengan orang lain yang sholeh terjalin dengan baik, sampai mereka ridho menyolatkannya sehingga Allah berani menjanjikannya syurga.
Dan setelah kita memperbaiki hubungan dengan orang lain, dengan sebisanya kita membantu teman kita tersebut pada saat dia memiliki berbagai kesulitan.
"Barang siapa yang membantu memberikan kemudahan kepada seorang ketika dia mengalami kesulitan maka Allah akan memberikannya kemudahan di hari kiamat nanti" (hadits)
5. Bersabar
Kita harus bersiap meneguhkan hati kita, karena semakin banyak kesempatan kita melanjutkan kehidupan kita di dunia ini, semakin banyak pula ujian yang harus kita hadapi, "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?" (29:2). dan kita harus tetap ingat dalam setiap ujian Allah akan bersama dengan kita dan memberikan ampunan dan pahala yang besar.
So Happy Birthday, semoga mendapatkan umur yang barokah!!!






Puisi Kehidupan
HARI SEPERTI APA YANG AKAN KUJALANI
Tugasku adalah menentukan hari seperti apa yang kujalani
Hari ini aku bisa mengeluh karena cuaca hujan
Atau aku bisa bersyukur karena rerumputan terseirami dengan gratis
Hari ini aku bisa bersedih karena tidak lagi memiliki uang
Atau aku bisa senang bahwa kondisi itu mendorongku untuk merencanakan belanjaku secara bijak
Dan membimbingku agar tidak bersikap boros
Hari ini aku bisa mengeluh karena aku harus pergi sekolah
Atau dengan semangat aku bisa membuka pikiranku
Dan mengisinya dengan berbagai pengetahuan baru
Hari ini aku bisa menggerutu atas kondisi kesehatanku
Atau aku bisa merasa senang bahwa aku masih hidup
Hari ini aku bisa menangis karena bunga mawar memiliki duri
Atau aku bisa bersyukur bahwa duri memiliki bunga mawar
Hari ini aku bisa bersedih karena temanku sedikit
Atau dengan bersemangat aku bisa memulai pertemanan baru
Hari ini aku bisa merengek karena harus pergi kerja
Atau bisa bergembira karena memiliki sesuatu untuk dikerjakan
Tugasku adalah menentukan macam hari yang akan kujalani


Suatu hari seorang ayah dan anaknya sedang duduk berbincang bincang di tepi sungai. Kata ayah kepada anaknya "lihatlah anakku air begitu penting dalam kehidupan ini, tanpa air kita semua akan mati".
Pada saat yang bersamaan, seeokor ikan kecil mendengarkan percakapan itu dari bawah permukaan air, ia mendadak menjadi gelisah dan ingin tahu apakah air itu, yang katanya begitu penting dalam kehidupan ini, ikan kecil itu berenang dari hulu sampai ke hilir sungai sambil bertanya kepada setiap ikan yang ditemuinya, "hai, tahukan kamu dimana air? Aku telah mendengar percakapan manusia bahwa tanpa air kehidupan akan mati."
Ternyata semua ikan tidak mengetahui dimana air itu. Si ikan kecil semakin gelisah, lalu ia berenang menuju mata air untuk bertemu dengan ikan sepuh yang sudah berpengalaman, kepada ikan sepuh itu ikan kecil ini menanyakan hal yang serupa, dimanakan air?
Jawab ikan sepuh "tidak usah gelisah anakku, air itu telah mengelilingimu, sehingga kamu bahkan tidak menyadari kehadirannya. Memang benar, tanpa air kita akan mati." apa arti cerita tersebut bagi kita. Manusia kadang-kadang mengalami situasi seperti ikan kecil, mencari kesana kemari tentang kehidupan dan kebahagiaan, padahal ia sedang menjalaninya, bahkan kebahagiaan sedang melingkupinya sampai-sampai dia tidak menyadarinya. (Buku Motivasi _ Mega Bonus Bisnis Gaya Pos)

Tidak ada komentar: